Setelah mendirikan surau Guguk Salo tahun 1020-an, banyak murid berdatangan ke Surau Guguk Salo dengan macam-cam tujuan, utamanya tentu menuntut ilmu agama dan berlajar kita. Syekh H Abdul Majid yang pada saat itu menjadi Iman Masjid Tagwa lawang, juga membuka suluk di Surau Guguk Salo. Ada banyak kisah yang dilalui Syek H Abdul Malik baik semasa menuntut ilmu maupun setelah mendirikan Surau Guguk Salo, satu kisah lainnya selain yang telah diungkapkan dalam tulisan sebelumnya, ada kisah menarik dari sorban Syekh H Abdul Majid sebagaimana diceritakan Emi Malin seorang kemenakan Syekh H Abudl Majid beberapa waktu yang lalu.
Emi Malin menceritakan, bahwa bebera tahun setelah Syek H Abdul Majid meninggal dilakukan renovasi terhadap Surau Guguk Salo. Sewaktu hendak melakukan renovasi Surau Guguk Salo, ada satu kamar yang selama ini didiami Syek H. Abdul Majid. Dalam bilik (kamar) itu tersimpan segala alat peragat Syek H Abdul Majid , seperti tikar sholat sampai pada sorban yang dipakai Syek H Abdul Majid semasa hidup. Oleh karena Surau Guguk Salo akan di renovasi, maka seluruh barang alat peragat Syekh H. Abdul Majid yang ada dalam kamar di surau tersebut dibawa atau dipindahkan oleh anak Syek H. Abdul Majid kerumah keluarga dan tidak terkecuali dengan sorban yang dipakai Syek H Abdul Majid juga dibawa oleh anak beliau kerumahnya.
Selang beberapa lama setelah surau Guguk Salo selesai di renovasi, di atas meja dalam Surau Guguk Salo, sorban yang dulunya dipakai Syekh H Abdul Majid semasa hidup yang sudah dipindahkan kerumah keluarga, tetapi kemudian dalam Surau Guguk Salo ditemukan sorban almarhum Syekh H Abdul Majid tergeletak di atas meja. Padahal sebelumnya sudah dipindahkan kerumah keluarga. Tidak ada yang tahu mengapa sorban itu sampai ada di atas meja dalam surau Guguk Salo itu, demkian pula dengan anak-anak Syek Abdul Majid yang mengemasi barang-barang Syek H.Abdul Majid sewaktu surau Guguk Salo akan direnovasi. Sampai sekarang menurut Emi Malin, peristiwa sorban almarhum Syekh H Abdul Majid itu masih menyisakan tanya dalam hati , terutama bagi anak kemenakan beliau dan orang-orang disekitar Surau Guguk Salo .
Setelah peristiwa ditemukan sorban Syekh H. Abdul Majid tergeletak di atas meja Surau Guguk maka sejak saat itu sorban tersebut disimpan oleh anak kemenakan beliau dan diletakkan dalam sebuah kotak kaca. Sorban peninggalan Syekh H Abdul Majid itu tampak masih terawatt dengan baik dan lilitan sorban yang melingkari kupiah (peci) Arab itu masih terlihat utuh dan rapi.
SyekhAbdul Majid yang dilahirkan tahun 1873 di Guguk Salo meninggal pada tahun 1958 dan dimakamkan di samping Surau Guguk Salo. Makam Syek H Abdul Majid berada dalam sebuah bangunan dan juga ada makam istrinya. Makam Syekh H Abdul Majid selalu di ziarahi murid-muridnya maupun murid-murid dari murid Syekh Abdul Majid dari berbagai daerah di Indonesia dan dari negara tetangga.
Semasa hidup, selain mengajarkan agama Islam dan mengajar kitab serta dan membuka suluk di Surau Guguk Salo, Syekh H. Abdul Majid semasa hidupnya beberapa kali melakukan perbaikan atas surau Guguk Salo, terakhir tahun 1950-an, dimana surau Guguk salo dibangun bertingkat dua dari bahan kayu. Surau guguk salo sekarang adalah hasil renovasi dari murid-muridnya dan keluarga setelah Syekh H. Abdul Majid meninggal dunia. Peristiwa sorban itu terjadi setelah surau Guguk salo direnovasi dari bangunan kayu ke bangunan seperti sekarang. * Boy Yendra Tamin