Skip to main content
Boy Yendra Tamin

follow us

Cupak Usali dan Cupak Buatan: Undang Dan Hukum Adat Alam Minangkaba (U-HAAM)

Oleh: Tuanku Mudo H.Emral Djamal Dt. Rajo Mudo

Cupak Usali

Cupak Usali artinya azali, asli, ialah yang betul dan benar seumpama melaksanakan kerja yang empat, shalat lima waktu sehari semalam, Jum’at sekali seminggu, sesuai dengan Sunnah Rasul dan Kitabullah, sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam yang dianut dan diyakini masyarakatnya, tidak boleh ditambah dikurangi. Tagak Luruih, Bakato Bana, Mahukum Adie. Cupak Usali ini disebut juga “Cupak Nan Duobaleh Tahie - Gantang Nan Kurang Duo Limopuluah”. Pepatah Cupak Usali ini mengatakan :

Nan kundi sakundinyo

nan sapatiang tali bajak

nan ganok duo baleh tahie

Dikikih barabih basi

dibasuah barabih aie

dianjak indaknyo mati

dibubuik indaknyo layua.

Hal-hal yang menimbulkan kekeliruan adat seringkali karena tidak lagi memahami barih balabeh yang terdapat dalam Cupak Nan Duo baleh Tahie tersebut. Dalam falsafah kependekaran Minangkabau atau terkenal dengan nama Silek Minang disebutkan bahwa seorang pendekar itu tagak arek dek balabek, artinya tagak di barih, malangkah jo balabek (adat). Dijago tali jaan putuih, dijago raso jaan hilang.

Cupak Buatan

Cupak Buatan itu, ialah putusan mufakat Ninik Mamak Penghulu-Penghulu Adat, Alim Ulama, Manti Adat dan Cerdik Pandai dalam nagari atau Luak yang ditentukan hingga watasnya (haknya) supaya “ganggam baruntuk pagang barmasiang, duduak barpanghadok” jelas tugas dan kewajiban masing-masing (duduak bapadok duduk bajabatan sesuai bidangnya dalam hal parentah mamarentah menjalankan roda pemerintahan dalam nagari. Cupak Buatan adalah “job description” masyarakat Adat Alam Minangkabau. Putusan ini merupakan fatwa atau petuah yang ditaati, dituruti dan dipakai menjadi pakaian nan mambari lazat bagi satangah hati manusia.

Dok. Sasaran Salimbado Buah Tarok – Bayang

Spesial Untuk Anda:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar